Jumat, 11 Maret 2011

Soal dan Jawaban UAS PTI

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA STKIP GARUT


UJIAN AKHIR SEMESTER
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
SABTU 12 MARET 2011


Bacalah dengan seksama soal Ujian Akhir Semester di bawah ini:

1. Buatlah tulisan tentang Internet yang isinya tentang teori dan aplikasinya pada profesi Saudara

2. Pilihlah salah satu materi di bawah ini
a. WEB
b. HTML
c. BLOG
Selanjutnya terangkan secara rinci materi yang Saudara pilih tersebut

Kedua jawaban UAS postingkan di Blog Saudara, apabila sudah dipostingkan cek kembali, apabila sudah yakin jawaban UAS ada di Blog Saudara kirim pemberitahuan ke e-mail pengantarteknologiinformasi@yahoo.co.id dan sertakan juga alamat URL Blog Saudara

Selamat mengerjakan….

SUKSES SELALU MENYERTAI SAUDARA










JAJANG JAENUDIN
NIM :10861013
Jawaban UAS PTI
Dosen : DR. H. Hudiana

No.1
Walaupun internet bukan segala-galanya, namun kita khususunya saya sebgai pengajar, bisa merasa nyaman dan lebih mudah dan bakal tetap survive di tengah persaingan hidup yang semakin sengit ini,. Aplikasi pada proses pembelajaran saya khususnya pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya bisa digunakan dalam memperkaya khlayak wahana materi-materi Agama, selain itu juga bisa mengkombinasikan media pembelajaran yang berkaitan dengan materi saya diantaranya: bisa mengakses pidio Alam semesta, sejarah masa lalu, peristiwa-peristiwa kaum-kaum durhaka, keajaiban bawah laut, ketakjuban luar angkasa, . Selain dari itu saya bisa mempergunakan slid powe point, yang bisa memudahkan saya dalam menyampaikan materi dan mudah dimengert oeh peserta didik,. Selain itu saya bisa menugaskan peserta didik lebih efektif dan efisien dengan internet mereka bisa lebih banyak mengenyam wawasan pengetahuannya di ambil dari berbagai referensi. Sebagaimana saya umpamakan gambaran dalam memperkaya materi bahasan, seperti tentang bahasan Alam SWemesta Ciptaan Alloh, SWT. :

Gambar




Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (Q.S. Al Baqarah:22)


Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif, secara fisik adalah interkoneksi antara jaringan komputer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi, isi internet adalah informasi yang dapat di bayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap dan dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet. (gambar dgn internet)
Internet awalnya merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat melaui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) pada tahun 1969-1972, mereka mendemontrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET diawali jaringan terpadu antara Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah diperkenalkan secara umum dan berkembang pesat sehingga dipecah menjadi MILNET (untuk keperluan militer) dan ARPANET (untuk universitas-universitas), gabungan kedua jaringan dikenal dengan DARPA INTERNET disederhanakan menjadi INTERNET.
Manfaat internet untuk:
a. Informasi dan berita
b. Bisnis
c. Gaya hidup
d. Ilmu pengetahuan
e. Hiburan
f. Transaksi
g. Sosial
(gambar internet)
a. AKSES INTERNET
Cara mengakses internet :
1. Dial Up
(gambar)
2. Kabel ADSL
(gambar)
3. Wireless
(gambar)
4. Mobile
(gambar)
5. Hotspot
(gambar)
Istilah-istilah penting dalam internet :
a. WiFi (Wireless Fidelity), merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan
b. Hotspot, jangkauan dari jaringan WiFi
c. ISP (Internet Service Provider), perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor, dan organisasi dapat memanfaatkan internet
d. Modem (Modulation demodulation), alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya
e. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), jaringan internet kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk sama dengan sinyal yang keluar (asimetris)
b. BROWSING
WWW (World Wide Web) adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen web (web page) dalam lingkup lokal maupun jarak jauh, karena link di web user bisa pindah dari satu page ke page lain (hyper text) baik antara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia, page diakses dan dibaca melalui Web Browser. Web Browser merupakan perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web atau untuk berselancar atau menjelajah di internet, kemampuannya menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alamat di internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut.
a. www.mozilla.com
(gambar)
b. www.opera.com
(gambar)
c. www.microsoft.com
(gambar)
(gambar mozila, opera, internet explorer)

(gambar Web Browser)
Untuk mencari informasi di internet perlu diketahui alamat Website, yaitu URL (Universal Resource Locator). Web Site atau situs adalah tempat sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu badan yang dikumpulkan dan dikemas. Homepage adalah istilah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika situs web diakses.
Makna alamat URL : http://www.stkipgarut.ac.id/index.php
http : Hyper Text Transfer Protocol, adalah suatu protocol yang
digunakan oleh World Wide Web
www : World Wide Web
stkipgarut : nama situs
ac.id : ekstensi nama domain
index.php : file atau dokumen
(gambar prinsip akses internet)
Domain name adalah penamaan halaman web di internet, digunakan untuk search engine tempat web seseorang, atau alamat rumah dari seseorang di dunia internet.
Generic domain :
a. Untuk penyedia jaringan internet .net
b. Untuk lembaga pendidikan .edu atau .ac
c. Untuk lembaga pemerintahan .gov atau .go
d. Untuk kemiliteran . mil
e. Untuk komersil .com atau .co
f. Untuk organisasi .org atau .or
Country domain :
a. Untuk negara Indonesia .id
b. Untuk negara Singapura .sg
c. Untuk negara United Kingdom .uk
d. Untuk negara Jepang .jp
e. Untuk negara USA .us
f. Untuk negara Australia .au
FTP (File transfer Protocol)
FTP merupakan suatu protokol yang digunakan untuk melakukan transfer berkas, klien dapat mengirim berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP, proses untuk mengirimkan berkas milik klien ke server FTP dinamakan upload, proses untuk mengambil berkas dari server FTP dan menyalinnya di komputer klien dinamakan download
(gambar FTP)
c. SEARCH ENGINE
Search Engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat di internet berdasarkan topik.
Alternatif mesin pencari :
Google : www.google.com
(gambar)
Yahoo : www.yahoo.com
(gambar)
MSN : www.msn.com
(gambar)
(gambar google, yahoo, msn)
Search engine seperti robot, robot ini yang dibaca webpages dan menaruh teks (atau bagian bacaan) kedalam suatu indek atau database yang besar di mana anda boleh mengakses, contohnya : Google, Yahoo! Search, MSN search and Ask. Search engine sebaiknya pilihan yang pertama ketika mengetahui secara pasti apa yang sedang di cari, saat ini Google mengindeks milyaran webpages dan sebagai search engine terbaik.
Beberapa cara Search Engine :
1. Boolean Searching Operator (AND, AND NOT, OR)
Contoh : mencari informasi pencipta Thomas Alva Edison, ketik “Thomas Alva Edison”, pencarian ini tidak akan memberikan halaman yang mengandung nama Thomas A. Edison atau Thomas Edison, dapat memecahkan masalah ini dengan mengetikkan “Thomas Alva Edison” OR “Thomas A. Edison” OR “Thomas Edison”
2. NEAR Operator
NEAR Operator yang bermakna tampilkan halaman-halaman dimana kata-kata ini dekat satu sama lain, ketik Thomas NEAR Edison
3. Search Engine Math
Search Engine Math adalah suatu cara yang lebih mudah, dengan penyederhanaan sintaksis pencarian yang bersifat pseudo-Boolean. Contoh: +pizza+pepperoni+ham-olives-garlic
a. tanda plus (+) harus ada dalam webpage
b. tanda minus (-) mengatakan abaikan
c. plus (+) = AND dan minus (-) = istilah AND NOT
kombinasi plus dan minus dengan tanda kutip, namun tidak bisa menggunakan tanda kurung atau OR-OPERATOR, contoh : +”pan pizza”-olives pepperoni, artinya page yang ditampilkan harus mengandung phrase pan pizza, mereka tidak boleh mengandung kata olives, dan mereka lebih suka mengandung kata pepperoni
Case Sensitivity berguna untuk mengeja suatu kata atau suatu ungkapan dengan huruf kecil, mesin akan mencocokan baik dalam huruf besar dan kecil pada webpage, contoh : Pencarian “apple computer” akan memberi page berisi kata : (a) apple computer (b) Apple Computer (c) APPLE COMPUTER, tetapi aakan berbeda kalau melakukan pencarian “Bill Gates” akan memberikan Bill Gates bukan bill gates, dengan penggunaan huruf besar di dalam “Bill Gates akan menghindari halaman yang mencakup kata bill (berarti invoice) dan gates (bearti pintu gerbang).
d. APLIKASI INTERNET
E-Mail
(gambar)
E-Mail adalah electronic mail (surat elektronik) cepat, murah dan mudah mengirim pesan dari satu komputer ke komputer lain di seluruh penjuru dunia kapan saja dan dari mana saja pesannya berupa tulisan, gambar, suara dan video, mengirimnya non stop 24 jam per hari 7 hari (senin s/d minggu)
Anatomi E-Mail
Header : To (kepada) : alamat e-mail tujuan
Cc (Carbon Copy) : alamat e-mail tujuan
Subject (judul) : topik surat
Body : isi surat atau pesan
Tanda tangan (signature)
(gambar e-mail)
Alamat E-Mail :
Domain : .com, .net, .org, .edu, .gov, .co.id, .net.id, .ac.id, .or.id, .sch.id
Contoh : pengantarteknologiinformasi@yahoo.co.id
pengantarteknologiinformasi : nama user
@ : at (dalam bahasa inggris)
yahoo.co.id : nama server e-mail
Contoh alamat e-mail :
Perusahaan : .com
ISP : .net
Organisasi : .org
Sekolah : .edu
Pemerintah : .gov
Statsiun TV : .tv
Domain di Indonesia :
Perusahaan : .co.id
ISP : .net.id
Organisasi : .or.id
Universitas : .ac.id
Sekolah : .sch.id
Pemerintahan : .go.id
Jenis e-mail :
1. Webmail, berbasis web dibaca secara on-line atau off-line dapat diakses di mana saja
2. POP mail, menggunakan outlook dibaca off-line diakses dari komputer tertentu
Manajemen e-mail : (1) buat minimal 2 e-mail (pribadi dan resmi), (2) periksa e-mail 2 kali sehari pada waktu luang, (3) hapus e-mail lama yang sudah dibaca agar menghemat mailbox, (4) pilih mailing list yang berguna untuk menghindari “spam”, pisahkan jenis e-mail kedalam folder khusus.
Spamming dan cara menghindarinya : (a) spam e-mail tidak dikenal yang datang tanpa diundang, (b) hindari mailing list tak berguna, (c) jangan membalas surat tak dikenal, (d) gunakan fasilitas block address untuk menolak e-mail tertentu, (e) laporkan aktivitas spamming e-mail ke provider (yahoo!, google dll).
Peran e-mail secara umum : media belajar online di universitas terbuka nasional dan internasional dan riset kampus, media kreatifitas di dunia teknologi, komunikasi dengan mitra bisnis dan mencari peluang bisnis baru di dunia internasional (go internasional), jual beli, melamar pekerjaan.
Peran e-mail di internal dan eksternal sekolah : proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, media informasi dan komunikasi yang infocentris mudah hemat cepat antar civitas akademika, mempererat hubungan solidaritas persahabatan dan persaudaraan tanpa batas, identitas promosi dan popularitas komunitas dalam jangkauan global, bukti turut mendukung perkembangan TI di Indonesia
Etika ber e-mail : (a) beri judul pesan yang menjelaskan isi surat yang akan dikirim, (b) jangan mengirim ke orang yang tidak berkepentingan, (c) gunakan Bcc: pada saat mengirim e-mail ke banyak orang yang tidak saling mengenal, (d) kirim pesan yang singkat dan jelas, (e) jangan menggunakan huruf cetak yang berarti anda sedang berteriak!, (f) jangan menulis pesan yang tidak ingin anda publikasikan, (g) gunakan tanda smile untuk menghindari kesalahpahaman, (h) jangan mengirim ke orang banyak kecuali memang pesan itu untuk umum, (i) hindari e-mail yang menyinggung perasaan, (j) bubuhkan nama atau inisial anda pada akhir pesan
(gambar pengiriman e-mail)
MAILING LIST
(gambar)
Mailing list adalah kelompok diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya, daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama, sebagai daftar kelompok penerima surat elektronik dalam yahoo dan google diistilahkan dalam group.
Manfaat milis : (1) efesiensi dalam berkirim e-mail, seorang anggota cukup mengirimkan e-mail ke satu alamat e-mail (group) untuk kemudian disebarkan ke anggota milis, (2) diskusi antara anggota, sharing ide, sharing file, dan polling, (3) komunitas dunia maya (virtual), (4) sarana diskusi secara elektronik antara guru dan siswa, serta antara siswa dan siswa dalam kelasnya atau kelompoknya, (5) polling memberi pengumuman dan pengiriman tugas-tugas.
Istilah-istilah dalam milis :
Subcribe : seseorang menyatakan berlangganan e-mail dari grupnya
Unsubcribe : keluar atau berhenti dari keanggotaan milis
Joined : seseorang bergabung berdasarkan undangan dari pemilik milis
Owner : orang yang membuat milis dan memiliki hak penuh
Moderator : orang yang mengatur aktifitas owner dalam menjalankan tugasnya
(gambar penyedia milis)
Membuat Milis :
Klik browser, misal : Mozilla Firefox
Ketikan alamat : www.yahoogroups.com (enter)
Klik start yaour group (jika sudah punya YahooID)
Jika sudah sign in melalui yahoo!Mail
Ketikkan alamat : www.yahoogroup.com (enter)
Klik start your group
Setelah klik start your group cukup mengikuti 3 langkah yang diberikan yahoo!groups untuk membuat milis : (1) memilih kategori milis yang akan dibuat, (2) mendeskripsikan milis, (3) memilih yahoo profile dan e-mail address
Selesai....Selamat anda sudah mempunyai milis, selanjutnya tinggal mencari anggota milis untuk diajak diskusi
1. Memilih kategori milis : klik pada pilihan kategori milis yang sesuai, beberapa pilihan diantaranya bussines, finance, education, alumni
2. Mendeskripsikan milis : berikut uraian singkat mengenai aktivitas milis, contoh deskripsinya : media komunikasi dan informasi antara mahasiswa, selanjutnya juga diminta memberikan e-mail adress dari groups milis, misalnya diberi nama mahasiswapascasarjanastkipgarut; maka alamat milisnya adalah : mahasiswapascasarjanastkipgarut@yahoogroups.com
3. Memilih yahoo profile : jika memiliki beberapa e-mail, maka dapat dipilih salah satu sebagai yahoo profile yang akan berguna menerima e-mail dari milis, secara default maka yang akan digunakan adalah e-mail yang dipakai saat sign in untuk membuat milis, pemilik atau moderator dapat melakukan invite kepada para calon anggota milis, calon anggota yang mendapat undangan bisa masuk anggota harus menjawab undangan tersebut dengan mengklik joined melalui account e-mail masing-masing, sekarang para anggota dapat mulai berdiskusi melalui e-mail dengan mengirimkan tema, masalah dan jawaban atau ide kesatu alamat (nama_milis)@yahoogroup.com
CHATTING
(gambar)
Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di internet yang diciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi
Program aplikasi chatting : mIRC (www.mirc.co.uk), MSN Messenger (www.microsoft.com), Yahoo Messenger (www.yahoo.com), ICQ (baca : I Seek You) (www.icq.com)








Jawaban No. 2
KONSEP PEMROGRAMAN WEB

World Wide Web (WWW atau disingkat Web) adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource n daripadIdentifier (URI), WWW sering dianggap identik dengan internet dan merupakan bagiaanya, hiperteks dilihat dengan sebuah program browser web yang mengambil informasi (disebut dokumen atau halaman web) dari suau server web dan menampilkannya biasanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut situsweb. Halaman web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka atau dilihat dengan internet browser, kegiatan pindah halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengan sering disebut surfing atau berselancar, halaman-halaman sebuah situs web diakses dari URL (Uniform Resource Locator) yang menjadi akar (root) yang disebut homepage dan biasanya disimpan dalam server yang sama, tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis beberapa situs web memerlukan pembayaran mislnya situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail) dan lain-lain.
Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang merequest dokumen-dokumen dari komputer-komputer yang terkoneksi internet (server) diseluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pada window browser, browser menampilkan sesuai instruksi format HTML yang dibuat pada dokumen tersebut.
Pemrograman web membuat aplikasi berbasis web, aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dibuat dengan memanfatkan mekanisme dan aplikasi yang sudah ada pada sistem web (WWW), sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang berarsitektur client-server, menggunakan protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dalam komunikasi antara client dan server yang mempunyai fungsi untuk mengambil atau menjalankan isi file dokumen web disisi server dan menampilkan disisi client.

ARSITEKTUR CLIENT-SERVER
(gambar)



Server Client
Menyediakan dokumen web Mengambil dokumen web
Mengeksekusi dokumen web yang bersifat server side (php, asp, jsp) dan menterjemahkan ke dalam bentuk yang bisa dipahami oleh web browser di client Mengeksekusi dokumen web yang bersifat client side (javascript, html, css)
Memiliki service (program) web server (IIS, Apache dan sebagainya) Memiliki web browser untuk menerjemahkan dokumen web ke bentuk yang manusiawi
Memberikan response ke client Mengirim request ke server

Sejarah WWW
Hypertext (bush 1945 dan Nelson 1960’s), awal tahu 90’-an, Tim Berners-Lee menciptakan HyperText Markup Language (HTML), tahun 1993 Browser grafis pertama (Mosaic) dibuat oleh Andressen dan Eric Bina, tahun 1994 Andressen bekerja untuk Netscape dan membuat Netcape Navigator, browser grafis populer pertama. Tahun 1995 Microsoft membuat Internet Explorer, browser saat ini : Mozilla FireFox, Opera, Internet Explorer.
Membuat Aplikasi Berbasis Web artinya :
a. Memperkaya fungsi web server dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh server ketika file dokumen web tersebut diakses oleh web
b. Memperkaya interaktivitas dokumen dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh web browser ketika file dokumen tersebut ditampilkan oleh web browser
Keuntungan Belajar Pemrograman Web adalah mengerti bagaimana komponen-komponen web bekerja, sehingga dapat membuat web sendiri, membetulkan error dari suatu web, belajar hacking.
Bagaimana web bekerja :
1. User mengetik URL di internet browser
2. Browser menghubungi server yang tersebut pada URL
3. Setelah terhubung, browser mengirimkan HTTP request
4. Server menjawab dengan mengirim HTTP response (berisi header dan isi dokumen)
5. Untuk dokumen yang terdiri atas beberapa file (misalnya dokumen bergambar) browser harus mengirimkan HTTP request lagi untuk setiap file
6. Browser menampilkan semua isi dokumen kepada user
Cara kerja Web (gambar)
Content Management System (CMS) yang open source : Joomla, Wordpress, Drupal
Manfaat CMS
1. Manajemen data : semua informasi baik yang telah ditampilkan ataupun belum dapat diorganisasi dan disimpan secara baik. CMS juga mendukung berbagai macam format data, seperti XML, HMTL, PDF, indexing, fungsi pencarian, dan kontrol terhadap revisi yang dilakukan terhadap data/informasi.
2. Mengatur siklus hidup website : banyak CMS memberikan fasilitas kepada para pengguna untuk mengelola bagian atau isi mana saja yang akan ditampilkan, masa/waktu tampilan dan lokasi tampilan di website.
3. Mendukung web templating dan standarisasi : setiap halaman website yang dihasilkan berasal dari template yang telah terlebih dahulu disediakan oleh CMS, selain dapat menjaga konsistensi dari tampilan secara keseluruhan
4. Personalisasi website : isi web dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya
5. Sindikasi : memberikan kemungkinan kepada sebuah website untuk membagi isinya kepada website-website yang lainnya
6. Akuntabilitas : CMS mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepada para penggunanya, sehingga data/informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik
Pemanfaatan CMS
CMS dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi, seperti untuk :
a. Mengelola website pribadi
b. Mengelola website perusahaan/bisnis
c. Portal atau website komunitas
d. Galeri foto
e. Forum
f. Aplikasi E-Commerce

BLOG
(gambar)
Blog adalah website pribadi dalam format kronologis terbalik (yang terbaru diatas) yang di-update secara kontinyu oleh pemiliknya, secara teknis adalah teknologi aplikasi website yang memudahkan seseorang untuk menerbitkan materi, berupa teks, grafik, audio-video, keinternet secara mudah cepat dan murah, dengan fitur-fitur otomatis seperti pengarsipan dan fasilitas feedback yang berupa area untuk memberi komentar.
Macam-macam blog :
1. Blog bisnis
2. Blog keluarga
3. Blog organisasi
4. Blog politik
5. Blog kesehatan
6. Blog pendidikan
7. Blog agama
8. Blog media
Sejarah Blog
Blog adalah istilah yang ditemukan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Untuk menyebut situs-situs yang berupa catatan harian seorang websurfer, dimana sang websurfer menuliskan catatan dan link setiap hari ke website yang dia temukan dan berfungsi disertai dengan komentar dan opini mereka tentang website lain tersebut
Definisi blog :
1. Situs web yang berisi kumpulan tulisan yang disusun secara kronologis
2. Ada format sindikasi seperti RSS atau ATOM
3. Biasanya memiliki fasilitas komentar, trackback, atau pingback
4. Tulisannya dibuat dari sudut pandang penulisnya (blog bukanlah jurnalisme atau press release)
5. Penulisan blog dibantu oleh CMS (Content Management System)
Fungsi Keuntungan
1. Sebuah blog adalah situs web yang mudah digunakan dan dapat dengan cepat memposting pemikiran, berinteraksi dengan orang lain
2. Dapat dijadikan media interaksi antara guru dengan guru, guru dengan siswa dan siswa dengan siswa 1. Mudah dibuat, cocok untuk semua user, dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada tiap profesi
2. Send of purpose, blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan
3. Melatih berfikir, menyampaikan pendapat, pengalaman, dan menulis sehingga dapat dijadikan sarana edukasi dan pemberdayaan
4. Membentuk komunitas blogger, dapat saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis, dan berdiskusi mengenai blog dan permasalahannya
5. media komunikasi baru di internet yang populer dan gratis

Banyak orang menyukai blog karena interaktivitas, sindikasi, sentuhan personal, informasi di dapat langsung dari sumbernya, siapapun dapat membuat blog dengan isi apa saja tanpa harus melalui birokrasi yang berbelit-belit
Blog untuk mengkampanyekan sebuah isu atau program, berita tentang sebuah event atau organisasi atau komunitas, blog dengan topik tertentu, personal writing dan collection
Yang perlu di perhatikan dalam blog perubahan para digma tentang keterbukaan, perlindungan privasi atau data pribadi, mengancam menipu, berbohong, memfitnah, menyebarkan kebencian
Teknologi blog di masa depan :
b. Mobile blogging adalah memanfaatkan teknologi selular untuk menulis blog
c. Audioblogging adalah blog dalam format audio
d. Photoblogging adalah blog dalam format foto
e. Videoblogging adalah blog dalam format video
f. Podcasting adalah perpaduan antara teknologi sindikasi dan audio/videoblogging sebagai implementasi pengiriman konten dengan metoda pull
Pengaruh Blog :
1. Serangan 11 September
2. Invasi Amerika Serikat ke Irak
3. Pemilihan Presiden Amerika Serikat
4. Serangan teroris di Madrid dan London
5. Kasus bom Kuningan
6. Bencana Tsunami Sumatera
7. Sengketa Indonesia dan Malaysia tentang Blok Ambalat
Dipecat karena menulis Blog
1. Heather Armstrong, konsultan web, Feb 2002
2. Michael Hanscom, kontraktor Microsoft, Okt 2003
3. Joyce Park, pemrogram Friendster, Agu 2004
4. Peter Whitney, pegawai WellsFargo, Aug 2004
5. Ellen Simonetti, pramugari Delta, Okt 2004
6. Mark Jen, pemrogram Google, Jan 2005
7. Joe Goron, pegawai toko buku waterstone’s, Jan 2005
Yang harus diperhatikan ketika menulis blog :
a. Tulisan pada blog menjangkau seluruh dunia dan bisa dibaca oleh siapapun
b. Yakinkan bahwa isi blog anda tidak menyinggung siapapun
c. Isi blog tidak menyinggung unsur SARA
Sistem Publikasinya
Jika kita sudah memiliki weblog, maka sampaikan alamat weblog tersebut pada teman, relasi, kolega, mahasiswa supaya mereka dapat mengakses weblog kita, kita juga dapat membuat link dari weblog kita ke search engine (SE) google sehingga jika ada pengguna internet mau mencari artikel yang berhubungan dengan dokumen yang kita miliki, cukup mengetikan kata kunci pada SE.
Masukan www.google.com
Klik : serba-serbi google
Klik : kirim konten ke google
Klik : add your URL to google
Isikan alamat URL
Klik : Add URL
Saat pencarian melalui search engine (SE) google, kemunculan artikel dari web sangat bergantung dari seberapa banyak weblog saudara yang telah dikunjungi orang. Oleh karena itu kabarkan alamat weblog saudara pada relasi kolega supaya banyak dikunjungi
Kesimpilan :
1. Blog adalah bagian dari media baru yang bersifat Personal dan Sosial
2. Blog memberikan kita atau siapa saja kekuatan sebuah media dan memungkinkan kita untuk memproduksi media personal yang dengan peminat dari audens-audens yang kecil
3. besar kemungkinan ada teman keluarga orang lain di luar sana yang tertarik dengan apa yang kita kita ucapkan di blog
Aplikasi penyedia layanan blog (gambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar