Jumat, 11 Maret 2011

Tugas resume PTI Pertemuan ke 5,6,7,8,9,10,11

INTERNET
Internet adalah jaringan computer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Secara fisik internet adalah terkoneksi antar jaringan computer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu databse atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap dan dapat dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain ( maya ) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet. Dengan menggunakan internet maka computer sekolah, kampus, individu dapat saling terkoneksi

SEJARAH INTERNET

Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANet ( Advanced Research Project Agency Network ). Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hadware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telephone. Proyek ARPANET diawali jaringan terpadu antara Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah diperkenalkan secara umum dan berkembang pesat. Maka kemudian berkembang menjadi MILnet dan ARPAnet. Milnet dipakai untuk keperluan Militer dan Arpanet dipakai pada universitas-universitas. Gabungan antara keduanya dikenal dengan DARPA INTERNET yang disederhanakan menjadi Internet. Internet dapat dimanfaatkan dalam informasi dan berita, bisnis, gaya hidup, Ilmu, hiburaan, transaksi dan social

Untuk dapat mengakses internet kita dapat melakukan dengan berbaagai cara diantaranya : Dial-up, melalui kabel : ADSL, Wireless, mobile dan Hotspot.

Istilah penting dalam internet :

Wifi ( Wireless Fidelity ) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel
Hotspot adalah jangkauan dari WiFi
ISP ( Internet Service Provider ) adalah perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor dan organisasi dapat memanfaatkan internet
Modem ( Modulator Demodulator ) adalah alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya
DSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah koneksi jaringan internet kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama dengan sinyal yang keluar ( asimetris )

Dalam internet kita mengenal www. Ini adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen web (web page) dalam lingkup local maupun jarak jauh. Karena link di web maka user bisa pindah dari satu page ke page yang lainnya ( hypertext ) baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server di seluruh dunia.. Page ini dibaca melalui sebuah aplikasi yang disebut dengan web browser. Web browser merupakan perangkat lunak ( software ) yang digunakan untuk mengakses Word Wide Web atau untuk berselancar atau menjelajah internet. Software ini mampu menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alat internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut. Contoh web browser misalnya Mozilla Firefox, Opera maupun internet Explorer.
Untuk dapat mencari informasi di internet perlu diketahui alamat website yaitu URL ( Universal Resource Locator ). Website merupakan sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu badan yang dikumpulkan atau dikemas. Homepage adalah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Prinsip pengaksesan alamat situs web bahwa setiap computer yang terhubung dengan jaringan internet diberikan sebuah nomer yang unik dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama. Bahasa komunikasi ini disebut dengan protokol. Misal kita akan gampang mengingat www.google.com daripada mengingat angka 64.233.189.104. Ada lagi yang disebut dengan domain name adalah merupakan penamaan halaman web di internet atau digunakan untuk search engine tempat web seseorang dan merupakan alamat rumah seseorang di dunia internet.

FTP ( File Transfer Protokol) merupakan suatu protocol yng digunakan untuk melakukan transfer berkas. Klien dapat mengirimkan berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP. Proses untuk mengirimkan berkas milik klient ke server FTP disebut dengan upload dan proses untuk mengambil berkas dari server FTP dan menyalinnya di computer klient disebut dengan download.

SEARCH ENGINE

Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan catalog serta menyususn daftar alamat di internet berdasarkan topic contohnya misalnya www.google.com, www.yahoo.com atau www.msn.com.

Menggunakan search engine dapat dilakukan dengan cara :

Boolean Searching Operator ( AND, AND NOT, OR ). Contohnya anda meminta pizza dengan pepperoni dan ham, tetapi tanpa zaitun dan bawang putih maka cara operatornya adalah pizza AND Pepperoni AND ham AND NOT olives AND NOT garlic maka interpretasi search engine adalah carilah link ke semua pages yang meliputi kata pizza seperti halnya kata pepperoni dan kata ham tetapi mengabaikan pages yang mengandung kata zaitun atau kata garlic.
Near Operator. Contoh mencari Thomas Alva Edison dapat dilakukan dengan Thomas NEAR Edison
Search Engine Math. Suatu cara yang lebih mudah. Dengan penyederhanaan sintaksis pencarian, yang bersifat psedo-Boolen contoh +pizza+pepperoni+ham-olives-garlic. Jika kita mengeja suatu kata atau suatu ungkapan dengan huruf kecil, mesin pencari akan mencocokkan baik dalam huruf besar dan huruf kecil pada webpage contohnya misalnya : pencarian “ apple computer” akan memberikan page berisi apple computer, Apple Computer dan APPLE COMPUTER.

APLIKASI INTERNET

Dewasa ini internet dapat diaplikasikan dalam berbagai keperluan diantaranya :

1. E-Mail

Email adalah surat elektronik. Dengan email ini maka berkirim surat akan menjadi cepat, mudah dan murah serta dapat mengirin surat dari computer satu dengan yang lain di seluruh dunia kapan saja dan dimana saja. Pesan dalam surat bisa berupa tulisan, gambar suara dan video dengan kerja yang nonstop 24 jam 7 hari dalam satu minggu.

Anatomi email terdiri dari header dan body. Header memuat to ( kepada) merupakan alamat tujuan, CC ( Carbon Copy ) merupakan alamat tujuan dan Subject ( judul ) berisi topic surat. Body berisi isi surat maupun tanda tangan. Jenis e mail ada web mail dan POP mail. Webmail adalah email yang berbasis web dan dapat dibaca secara online maupun offline dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Sedangkan POP mail menggunakan outlock dan dibaca offline dan diakses dari computer tertentu.

Untuk mengatur email maka kita dapat membuat 2 buah alamat email yaitu pribadi dan resmi, serta memeriksanya 2 kali sehari pada waktu luang. Untuk menghemat mailbox maka kita harus menghapus email yang sudah dibaca. Untuk menghindari spaming maka hindari mailing list yang tidak berguna dan tidak membalas surat yang tidak dikenal dan bila perlu gunakan fasilitas block address untuk menolak email tertentu.

Peran email bagi kita :

Media belajar online di universitas terbuka nasional dan internasional dan riset kampus
Komunikasi dengan mitra bisnis dan mencari peluang bisnis baru di dunia internasional
Melamar pekerjaan
Mengefektifkan proses belajar mengajar
Media informasi dan komunikasi yang infocentris, mudah, hemat dan cepat antara civitas akademika
Mempererat hubungan solidaritass persahabatan dan persaudaraan tanpa batas
Sarana promosi dan popularitas dalam jangkauan yang luas

Dalam menggunakan email kita sebaiknya:

Memberikan judul yang menjelaskan isi surat yang akan dikirimkan
Jangan mengirimkan ke orang yang tidak berkepentingan
Gunakan Bcc pada saat mengirim surat ke banyak orang yang tidak saling mengenal
Kirimkan pesan dengan singkat dan jelas
Jangan menggunakann huruf cetak yang berarti anda sedang berteriak
Jangan menulis pesan yang tidak ingin anda publikasikan
Gunakan tanda smile untuk menghindari kesalahpahaman
Jangan mengirimkan ke orang banyak kecuali memang pesan itu penting untuk umum
Hindari email yag menyinggyng perasaan
Bubuhkan nama atau inisial anda pada akhir pesan

2. Mailing list

Mailing list adalah kelompok diskusi di mana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya, atau sebuah daftar alamat-alamat email yang memiliki kesukaan dan kepentingan yang sama atau daftar kelompok penerima surat elektronika dalam yahoo dan google diistilahkan dengan group.

Manfaat mailing list adalah :

Efisiensi dalam berkirim email, seseorang anggota cukup mengirimkan email ke satu alamat email ( group ) untuk kemudian disebarkan ke anggota milis
Diskusi antar anggota, sharing ide, sharing files dan polling
Komunitas dunia maya ( virtual )

Dalam pembelajaran milis digunakan sebagai sarana diskusi secara elektronik antara guru dengan siswa serta antara kelompoknya, polling memberikan pengumuman dan pengiriman tugas.

Persiapan dalam membuat milis :

Tujuan pembuatan dan apa yang diharapkan dari milis
Apa ukuran keberhasilan milis
Siapa yang mengelola milis ( pemilik dan moderator ) dan siapa anggota milis dan berapa lama group akan ada,

Cara membuat Milis adalah

Klik browser misalnya : Mozilla Firefox
Ketikan alamat www.yahoogroups.com pada address bar kemdian enter
Klik star group
Jika telah sign in melalui yahoo!mail ketikkan alamat www.yahoogroups.com dan tekan enter lalu start your group
Pilihlah kategori milis yang akan dibuat, misalnya Bussiness, Finance, Education, Alumni dan sebagainya
Mendeskripsikan milis. Berikan uraian singkat tentang aktivitas milis
Memilih Yahoo profile dan email address
Pemilik atau moderator dapat melakukan invite ( undangan ) kepada para calon anggota milis
Calon anggota yang mendapatkan undangan supaya masuk anggota harus menjawab undangan dengan mengklik joined melalui account email masing-masing.
Sekarang anggota mulai dapat melakukan diskusi.

3. CHATING

Chating adalah melakukan diskusi secara real time dengan program aplikasi seperti :

mIRC
MSN Messenger
Yahoo Messenger
ICQ dan lain-lain

4. SOCIAL NETWORK

Social network ( jejaring social ) telah ada sejak awal manusia dan semua orang memiliki jejaring social, antara lain di lingkungan orang-orang dalam pekerjaan, teman-teman dalam pergaulan, keluarga, klien, vendor. Jejaring social adalah suatu yang memusatkan layanan kepada pembentukan jaringan untuk bersosialisasi antara pengguna internet, terutama untuk berbagai kesukaan dan aktifitas melalui internet misalnya www.facebook.com, www.friendster.com, dan www.myspace.com. Dengan menggunakan jejaring social kita akan dapat :menjaga hubungan dengan teman lama, menemukan teman baru, membentuk jaringan social, eksplorasi pribadi, eksplorasi kelompok, menumbuhkan interaksi kelompok, melampaui batas geografi, relasi alumni, rekrutmen, ruang maya, dan rasa memiliki.
Diposkan oleh WAJIMAN di 16:23 0 komentar
MULTIMEDIA
Istilah Multimedia sudah tidak asing lagi bagi kita. Multimedia berasal dari kata multi yang berarti banyak atau bermacam-macam. Media yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu atau alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (American Heritage Electronic Dictionary, 1991 ). Multimedia, ( in theory ), the seamless integration under computer control of any text, sound, still and animated images, and motion video. The computer enables this mix of media to be interactive, as opposed to current broadcasting and publishing practices which for the most part are aimed at a passive audience. In order words, while broadcasting and publishing are essentially one way, interactive multimedia by its very nature demands active participation. Jadi multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk : video, animasi, grafik, audio dan text. Atau multimedia adalah perpaduan harmonis antara berbagai media ( teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi ) secara sinergis untuk mencapai tujuan ( misalnya pembelajaran ).

Ada beberapa definisi multimedia diantaranya :

1. Menurut Turban et al tahun 2002, multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output, media ini dapat berupa audio ( suara dan music ) , animasi, video, teks, dan grafik/gambar

2. Menurut Robin dan Linda, tahun 2001, multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasi teks, grafik, animasi, audio dan video.

3. Menurut Hofstetter tahun 2001, multimedia dalam konteks computer adalah computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

SEJARAH MULTIMEDIA

Istilah multimedia berawal dari teater. Pertunjukannya memanfaatkan lebih dari satu media dan seringkali disebut dengan pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia ini mencakup : monitor video, synthesized band dan karya seni manusia. Penelitian Morgan Stanley menunjukkan untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk televisi 13 tahun dan tv kabel 10 tahun serta internet 5 tahun. Perkembangan internet diikuti perkembangan multimedia dan jumah pengguna internet meningkat sangat pesat. Layanan multimedia online sedang mengalami booming, tehnologi computer, elektronika dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia sehingga pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta dan DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive.

Suatu sistem akan disebut sebagai sistem multimedia jika kedua jenis media ( continous/diskrete ) dipakai, contoh media diskrit adalah teks dan gambar dan media kontinyu adalah audio dan video.. Sistem multimedia independence jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah. Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer dan dapat diprogram oleh sistem programmer atau user. Pembagian sistem multimedia :

1. Sistem multimedia stand alone, merupakan sistem computer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/D-RW/DVD-RW), alat input ( keyboard, mouse, scanner, mic ) dan output ( speaker, monitor, LCD proyektor), VGA dan soundcard.

2. Sistem multimedia berbasis jaringan. Sistem in harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar, perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama, contoh : video converence, permasalahannya bila bandwidth kecil akan terjadi kemacetan jaringan.

Stand alone multimedia memiliki I/O device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu. Ada lagi multimedia Based on Network. Multimedia ini harus mampu terhubung dengan jaringan dan mampu melakukan sharing dengan sumber data yang sama dimana komputer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari computer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.

Aspek


Off Line


On line

Player


Stand alone PC


Network dan internet

Media


Dua jenis atau lebih


Dua jenis atau lebih

Pesan


Terintegrasi


Terintegrasi

Pembelajaran


Terprogram, closed


Interkoneksi

Interaktifitas


User dengan computer


Terprogram, open antar user dan narasumber

Komunikasi


Dua arah, terprogram dan closed


Banyak arah dan sin-asinkronisasi

Up Dating


Versi baru


Kontinyu

Sifat


Statis


Dinamis

Konten


Multi


Multi

MULTIMEDIA PC

Multimedia PC merupakan standar sistem computer yang menyediakan fasilitas multimedia. Multimedia PC standar terdiri dari sebuah komputer dengan :

CD ROM drive/DVD drive
Soundcard ( untuk recording dan playback )
Multimedia ( music/movie) player
RAM dan Harddisk yang mencukupi
Graphic Adapter
Speaker

Multimedia dapat dipergunakan dalam berbagai bidang diantaranya :

Bidang pendidikan. Dalam penyampaian bahan pengajaran terjadi secara interaktif dan dapat dipermudah karena didukung oleh berbagai aspek : suara, video, animasi, teks dan grafik
Bidang Jaringan dan Internet. Membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif dan interaktif

Multimedia memiliki beberapa kemampuan :

Mengubah tempat kerja, pekerja dapat melakukan pekerjaannya di luar kantor dengan menggunakan software teleworking misalnya netmeeting
Mengubah cara belanja, perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara online banking
Mengubah cara memperoleh informasi, menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya membaca koran online.
Mengubah cara belajar, sekolah mulai mengunakan computer multimedia, belajar online dan menggunakan e-book

Dalam konteks pembelajaran media pembelajaran akan dapat memotifasi belajar siswa. Dengan didukung oleh sarana-prasarana, guru yang kompeten, multimedia ini sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran ini merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran. Media dalam proses pembelajaran memiliki kontribusi :

Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
Pembelajaran dapat lebih menarik
Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran dapat ditingkatkan
Peran guru berubah ke arah yang positif

Peran multimedia dalam pembelajaran :

Membuat kongkrit konsep yang abstrak
Mengetengahkan bagian tertentu yng dianggap penting
Memberikan pengganti pengalaman langsung
Mendekatkan objek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
Memberikan pengalaman segi pengamataan
Menyajikan perbedaan warna secara visual
Menyajikan informasi yang memerlukan gerak

PERKEMBANGAN DAN JENIS MEDIA

Perkembangan media terjadi dari waktu ke waktu dan terbagi menjadi :

1. Media cetak merupakan media generasi pertama

2. Radio/ audio merupakan media generasi kedua

3. Televisi/ video merupakan media generasi ketiga

4. Komputer/ jaringan merupakan media generasi keempat

Penggunaan media dewasa ini memiliki trend :

1. Integrasi, dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi

2. Konfergensi, pengabungan berbagai tipe media-teks, foto, grafik, suara, video dan animasi ke dalam satu buah media tertentu

3. Interaktif, adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan respon.

Dengan demikian multimedia interaktif akan menjawab tantangan dan pemanfaatan media yang terintegrasi, konfergensi dan interaktif

Dalam pembelajaran komputer digunakan untuk multimedia presentasi dan multimedia interaktif, karena media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan (message) yang disampaikan guru untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa ( pola bermedia ). Multimedia presentasi untuk memperjelas materi-materi yang sifatnya teoritis. Selain itu multimedia presentasi dapat digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak di atas 50 orang. Dengan multimedia ini akan cukup efektif sebab menggunakan proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup luas. Kelebihan dari multimedia presentasi adalah mengabungkan semua unsure media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa. Sehingga akan dapat mengokomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditif maupun kenestetik.

Sedangkan multimedia interaktif dapat digunakan untuk menyalurkan pesan ( message ), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Multimedia interatif ini memiliki unsur-unsur teks, gambar, grafik, animasi, audip dan video. Multimedia interaktif akan dapat meningatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, mereduksi miskonsepsi siswa dan mengembangkan kompetensi guru. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa siswa akan tertolong dengan penggunaan MMI (multimedia interaktif ) untuk menvisualisasi konsep yang bersifat abstrak menjadi kongkrit, meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan lain sebagainya

Multimedia interaktif ada 4 model :

Model drill. Salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan tirun-tiruan bentuk pengalaman, yang mendekati suasana yang sebenarnya, biasanya dalam bentuk latihan soal.
Model Tutorial merupakan program pembelajaran berisi tujuan, seperti pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dan pola dasarnya mengikuti pengajaran berprogram tipe Branching dimana informasi/mata pelajaran disajikan dalam unit-unit kecil lalu disertai dengan pertanyaan dan respon jawaban dalam komputer
Model Simulasi merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan simulasi-simulasi dalam bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
Model Games. Dikembangkan berdasarkan atas pembelajaran yang menyenangkan dimana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan. Dalam konteks pembelajaran sering disebut dengan instruksional games.

Dalam pembelajaran dengan multimedia, guru dapat mengadopsi,mengembangkan dan membuat sendiri sehingga dapat menerapkan di kelas. Namun dalam mengunakan multimedia diperlukan peralatan seperti kompeter, LCD dan audio sistem serta keahlian khusus dan sumber listrik harus tersedia.

Dalam pembelajaran guru dapat menggunakan internet untuk media pembelajaran dengan :

Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
Memanfaatkan blog yang dikelola oleh guru
Setiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
Menggunakan sarana jejaring social ( semisal facebook atau twiter )
Menggunakan LMS ( Learning Manajement System )

Diposkan oleh WAJIMAN di 16:05 0 komentar
Rabu, 16 Februari 2011
STRUKTUR DASAR HTML
HTML singkatan dari Hypertext Markup Language merupakan script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks regular dan mengandung teg-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi peritah-perintah yang dispesifikasikan

Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut :

Tag adalah teks khusus ( markup) berupa dua karakter “ < ”dan “ > ”, sebagai contoh adalah tag dengan nama body

Secara umum tag ditulis secara berpasangan yang terdiri dari tag pembuka dan tag penutup ( ditambahkan karakter “ / ” setelah karakter “ < ”)

Sebagai contoh , ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan adalah tag penutup isi dokumen HTML

Element

Element terdiri dari tiga bagian, yakni tag pembuka, isi dan tag penutup. Contohnya untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana terletak di antara tag dan tag

Element Body untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag dan tag terletak di bawah tag dan . Element body memiliki atribut –atribut yang menspesifikasikan khusus warna dan latar belakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser

Sintaks :

Attribute text memberikan warna pada text, bgcolor memberikan warna pada latar belakang dokumen html, background memberikan latar belakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.

Contoh

Keterangan:

Jika kode-kode tersebut kita ketik di notepad kemudian kita save as dengan ekstensi html misalnya kita beri nama “ latihan.html ” maka jika kita buka akan tampil seperti berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar